Pepaya tidak hanya enak dikonsumsi dengan kandungan rendah kalorinya, ternyata pepaya pun bisa dijadikan produk kecantikan yaitu dibuat sabun.

Banyak orang yang menggunakan sabun pepaya untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit mereka.

Sabun pepaya juga diyakini sebagai pencerah kulit. Jika Anda memiliki perubahan warna atau bekas luka gelap, sabun dapat mengurangi penampilan dari titik-titik tersebut.

Apa itu sabun pepaya?

Sabun pepaya adalah sabun alami dan lembut yang aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah.

Sabun normal juga membersihkan dan menghilangkan kotoran, tetapi mungkin terlalu keras untuk kulit, menghilangkannya dari minyak alami.

Beberapa sabun mengandung deterjen sintetis dan bahan-bahan lain yang tidak hanya akan membersihkan kotoran, tetapi juga kelembaban alami kulit Anda.

Ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosacea, meningkatkan kekeringan dan gatal.

Sabun pepaya, di sisi lain, terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung enzim papain, yang memecah protein.

Enzim ini meningkatkan pencernaan yang sehat, tetapi juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi.

Manfaat sabun pepaya

Pepaya memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sabun pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang produksi kolagen.

Sabun itu juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lain bagi kulit, yang mempromosikan produksi sel-sel kulit baru, dan dapat membantu mengurangi bintik-bintik hitam, noda, dan bekas luka.

Penggunaan untuk sabun pepaya

Sabun pepaya ini produk yang ramah kulit dan alami. Berikut ini berbagai kegunaan yang dimiliki sabun pepaya, yang diantaranya:

Pengelupasan

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat mengelupas kulit dan memberikan penampilan yang lebih sehat.

Pengelupasan menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit Anda. Meskipun memang benar bahwa kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri, pengelupasan kulit dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus, bahkan dapat meratakan warna kulit.

Pengobatan jerawat

Jika Anda memiliki kulit yang rawan jerawat, sabun pepaya dapat membantu membersihkan noda dan mengurangi jerawat.

Sebagai enzim yang melarutkan protein, papain secara efektif menghilangkan keratin yang rusak. Keratin adalah protein utama pada kulit, namun penumpukan dapat menyebabkan pembentukan benjolan kecil.

Kekuatan eksfoliasi sabun pepaya juga mencegah sel-sel kulit mati dari penyumbatan pori-pori, yang juga dapat mengurangi jerawat.

Pereda nyeri serangga

Mengoleskan sabun pepaya pada gigitan serangga atau luka dapat membantu meringankan rasa sakit, gatal, bengkak, dan kemerahan, karena papain dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka.

Juga, beberapa racun serangga mengandung peptida, yang merupakan bahan pembangun protein. Papain dapat memecah protein ini, mengurangi iritasi kulit.

Penghilang noda

Sabun pepaya tidak hanya membersihkan wajah dan tubuh, tetapi juga bisa berfungsi sebagai penghilang noda.

Sabun berbasis papain memiliki kemampuan untuk “memakan” protein, dengan mudah menghilangkan noda rumput, noda telur, dan noda berbasis protein lainnya.

Sabun pepaya sebagai pencerah kulit

Jika Anda memiliki bintik-bintik hiperpigmentasi atau jika Anda berurusan dengan warna kulit yang tidak rata, sabun pepaya dapat membantu menghaluskan kulit Anda.

Hiperpigmentasi adalah penggelapan atau perubahan warna pada kulit, karena sabun pepaya mendorong pembuangan sel-sel kulit mati, sabun secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak-bercak hitam, membuat kulit Anda lebih cerah.

Juga diyakini bahwa sabun pepaya membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan. Namun, klaim ini tampaknya tidak didukung secara ilmiah dengan penelitian.

Efek samping dan tindakan pencegahan

Meskipun sabun pepaya alami, mungkin tidak aman untuk semua orang.

Sebelum menggunakan sabun pepaya untuk pertama kalinya, ujilah sabun pada sebidang kecil kulit. Hentikan penggunaan jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi, seperti benjolan, bengkak, gatal, atau kemerahan.

Anda juga harus menghindari sabun pepaya jika alergi terhadap pepaya atau lateks. Papain diperoleh dari lateks buah pepaya mentah.

Author

I'm a blogger, web designer, internet marketer and love to share useful information. You want to share your content on my website well-indexed by Google and If you need my assistance for online presence, don't hesistate to contact me. Mail : afahrurroji[at]gmail.com - WhatsApp : 62 852 8940 5180

Write A Comment