Anda mungkin tidak menyadari bahwa makanan yang pernah Anda makan itu adalah paling sehat.

Kebanyakan makanan paling sehat ini, semua orang pernah mengkonsumsinya. Apa saja itu?

Jamur

Jamur penuh dengan manfaat nutrisi dan dapat menjadi pengganti daging dalam hidangan vegetarian karena rasanya yang kompleks, gurih, dan teksturnya kencang.

Selain itu, jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D (nutrisi yang banyak dari kita kekurangan) dan satu-satunya jenis produk yang tersedia secara luas yang mengandung banyak selenium.

Dan juga membantu mencegah kerusakan sel. Banyak varietas juga dianggap memiliki sifat meningkatkan kekebalan dan anti-kanker.

Jelai

Jelai adalah biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum penuh serat, sehingga dicerna lebih lambat oleh tubuh daripada biji-bijian yang lebih halus.

Ini juga dianggap membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar gula darah stabil.

Pasta Gandum Utuh

Pasta gandum utuh mengandung jauh lebih banyak serat dan nutrisi (seperti zat besi dan protein) daripada jenis semolina tradisional.

Pastikan Anda mencari paket yang berlabel “whole grain” daripada “multigrain.”

Pasta multigrain mungkin terbuat dari biji-bijian dan tepung selain dari semolina, tetapi itu tidak berarti mereka harus dalam bentuk utuh (dan paling sehat).

Kacang kenari

Kacang kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda.

Jika Anda memilih untuk tidak mengonsumsi produk makanan hewani yang menyediakan lemak esensial ini (seperti ikan), kacang kenari adalah alternatif yang sangat baik.

Kacang kenari juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu melindungi terhadap kerusakan akibat radikal bebas, serta protein dan serat.

Bumbu Kacang

Bumbu kacang merupakan sumber lemak sehat dan tak jenuh yang sangat baik. Bumbu kacang relatif mudah dibuat di rumah dengan pengolah makanan — dengan begitu Anda bisa menjamin Anda mendapatkan produk segar dan terlezat tanpa bahan pengawet atau bahan tambahan yang tidak diinginkan.

Biji gandum

Quinoa secara teknis adalah biji, tetapi dimasak dan rasanya seperti biji-bijian.

Ini ideal untuk salad — hangat atau dingin — dan dapat digunakan dalam sup, sebagai lauk mirip pilaf, atau dibentuk menjadi roti untuk membuat burger vegetarian buatan sendiri.

Dan karena itu adalah protein lengkap (mengandung semua 9 asam amino esensial), itu adalah bahan yang sangat baik untuk digunakan dalam hidangan vegetarian.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber luar biasa dari lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang, menurut Mayo Clinic, dapat menurunkan kolesterol secara keseluruhan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Mudah untuk memasak, atau Anda bisa menyiramnya dengan salad dan sup. Itu bahkan bisa menjadi tambahan yang lezat dan kompleks untuk hidangan penutup klasik.

Telur

Telur telah lama memiliki reputasi buruk sebagai makanan berkolesterol tinggi, tetapi deskripsi itu tidak memberi konsumen cerita lengkap.

Menurut sebuah artikel pada Maret 2013 di Huffington Post, para peneliti sekarang tahu bahwa kolesterol makanan dan kadar kolesterol dalam darah memiliki efek yang sangat berbeda pada tubuh, dan sebuah studi ilmiah baru-baru ini bahkan menunjukkan bahwa makan telur utuh ternyata meningkatkan tingkat kebaikan (HDL) kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, telur (dan kuning telur khususnya) adalah salah satu sumber makanan terbaik dari kolin vitamin B kompleks, yang dianggap mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan perkembangan dan fungsi neurologis.

Ikan salmon

Salmon adalah ikan berlemak, dan dalam hal ini, lemak adalah hal yang baik.

Salmon penuh dengan asam lemak omega-3, yang, antara lain, dapat menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya dan bahkan memberi dorongan positif pada suasana hati Anda.

Jika Anda bisa, pilihlah salmon yang ditangkap secara liar sebagai lawan dari peternakan — mengandung lebih sedikit racun dan biasanya tidak diberi makan biji-bijian.

Ubi jalar

Ubi jalar dikemas penuh dengan beta-karoten, yang dapat dikonversi oleh tubuh Anda menjadi vitamin A dan digunakan untuk melindungi terhadap penyakit seperti kanker dan penyakit jantung, serta kondisi kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam tubuh, seperti rheumatoid arthritis.

Beta-karoten yang ditemukan dalam ubi jalar juga dapat membantu mengelola dan menstabilkan kadar gula darah.

Author

I'm a blogger, web designer, internet marketer and love to share useful information. You want to share your content on my website well-indexed by Google and If you need my assistance for online presence, don't hesistate to contact me. Mail : afahrurroji[at]gmail.com - WhatsApp : 62 852 8940 5180

Write A Comment