Tempat kerja yang aman dan sehat perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan, karena ini berkaitan penting dengan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pekerja di perusahaan.

Kenapa kesehatan dan keselamatan kerja menjadi hal yang penting?

Di perusahaan harus memiliki bagian yang menangani bidang kesehatan dan keselamatan kerja yang bertanggung jawab atas hasil yang positif terhadap para pekerja.

Definisi

Kesehatan dan keselamatan kerja atau disingkat dengan K3 adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek (wikipedia).

Menurut The Health and Safety at Work etc Act 1974 (juga disebut HSWA, HSW Act, 1974 Act atau HASAWA) adalah undang-undang utama yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja di Inggris Raya.

Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan atau di lingkungan pabrik sering disebut HSE (Health and Safety Executive), dengan otoritas lokal (dan otoritas penegakan lainnya) bertanggung jawab untuk menegakkan Undang-Undang dan sejumlah Undang-Undang dan Instrumen Hukum lain yang relevan dengan lingkungan kerja.

Health and Safety at Work Act (HASAWA) pada tahun 1974 menetapkan berbagai tugas pada pengusaha.

Pengusaha harus melindungi ‘kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan’ di tempat kerja semua karyawan mereka, serta yang lain di tempat mereka, termasuk pekerja lepas, wiraswasta, klien, pengunjung, dan masyarakat umum.

Namun, tugas-tugas ini memenuhi syarat dengan kata-kata ‘sejauh dapat dilakukan secara wajar’.

Ini berarti bahwa pengusaha dapat menyatakan bahwa biaya tindakan keselamatan tertentu tidak dibenarkan oleh pengurangan risiko yang akan dihasilkan oleh tindakan tersebut.

Tetapi itu tidak berarti mereka dapat menghindari tanggung jawab mereka hanya dengan mengklaim bahwa mereka tidak mampu melakukan perbaikan.

Ruang lingkup

Kesehatan dan keselamatan kerja bertujuan untuk:

  • memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.
  • melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

K3 cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu.

Praktik K3 meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit.

K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.

Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_dan_keselamatan_kerja
  2. https://worksmart.org.uk/health-advice/health-and-safety/employer-duties/what-health-and-safety-work-act
Author

I'm a blogger, web designer, internet marketer and love to share useful information. You want to share your content on my website well-indexed by Google and If you need my assistance for online presence, don't hesistate to contact me. Mail : afahrurroji[at]gmail.com - WhatsApp : 62 852 8940 5180

Write A Comment